Chelsea Juara Piala FA 2008/2009

Striker Didier Drogba dan gelandang Frank Lampard menjadi pahlawan kemenangan Chelsea di final Piala FA, Sabtu (30/5/2009). Gol-gol dari mereka membuat timnya unggul 2-1 atas Everton.
Chelsea yang bermain dengan memakai kostum kuning-kuning, terhentak oleh gol cepat Louis Saha di detik ke-25. Bermula dari umpan Steven Pienaar di sayap kiri, sundulan Marouane Fellaini di dalam kotak penalti disambar Saha dengan tembakan voli kaki kiri, yang menghujam gawang Petr Cech.
Chelsea tidak tampak panik walaupun kebobolan oleh gol cepat tersebut. Tim asuhan Guus Hiddink itu tetap mencoba bermain ofensif, yang itu pun diladeni oleh Everton.
Hasilnya, di menit 21 mereka memperoleh hasil manis. Dari serangan yang dirancang dari para gelandang, Florent Malouda melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti Everton, di mana Drogba berhasil menanduknya untuk mengoyak jala Tim Howard.
Di babak kedua permainan masih relatif seimbang, dengan kedua tim tetap bermain terbuka. Akan tetapi tidak terlalu banyak tembakan ke arah gawang dan pertarungan lebih ketat di lapangan tengah.
Salah satu kesempatan diperoleh Nicolas Anelka di menit 59. Namun tendangan lob top skorer Premier League itu masih melenceng dan tinggi dari bidang sasaran.
Tiga menit kemudian, Everton melakukan tekanan balasan melalui tembakan Tim Cahill. Tapi tingkat kekencangan tembakan itu tidak tinggi sehingga mudah dijinakkan Cech.
Di menit 71 terjadi gol ketiga dalam laga ini. Dari umpan pendek di antara Michael Ballack dan Nicolas Anelka, Lampard mempertontonkan aksinya. Setelah menggocek seorang pemain lawan, dari luar kotak penalti ia melepaskan tembakan kaki kiri ke kanan gawang Howard, yang kemudian tak mampu dihadang kiper asal Amerika Serikat itu. 2-1 Chelsea memimpin.
Gol tersebut membuat Chelsea tampak makin percaya diri. Mereka terus menjaga ritme permainannya dengan mengendalikan lapangan tengah.
Di menit 77 Malouda nyaris memperbesar kemenangan Chelsea ketika tendangannya dari luiar kotak penalti membentur mistar gawang. Bola memantul ke dalam lapangan dan segera diamankan Howard.
Peluang terakhir yang muncul adalah milik Anelka di masa injury time. Namun bola sepakannya melewati mistar gawang Everton.
Bagi Chelsea ini adalah satu-satunya gelar juara yang mereka dapatkan di musim ini. Mereka tersingkir di putaran keempat Piala Carling, kandas di semifinal Liga Champions, dan finish di peringkat tiga Premier League.
Susunan pemain:
Chelsea: 1-Petr Cech; 17-Jose Bosingwa, 26-John Terry, 33-Alex, 3-Ashley Cole; 5-Michael Essien (13-Michael Ballack 62), 12-John Obi Mikel, 8-Frank Lampard; 15-Florent Malouda, 11-Didier Drogba, 39-Nicolas Anelka.
Everton: 24-Tim Howard; 2-Tony Hibbert (15-Lars Jacobsen 46), 4-Joseph Yobo, 5-Joleon Lescott, 3-Leighton Baines; 18-Phil Neville, 17-Tim Cahill, 21-Leon Osman (32-Dan Gosling 84), 20-Steven Pienaar; 25-Marouane Fellaini, 9-Louis Saha (14-James Vaughan 78)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright @ 2008 Kelatefc n Chelseafc: Chelsea Juara Piala FA 2008/2009 | Original Template: Wordpress Themes | Modified By iEn | Resolution: 1024x768 | Best View: Firefox | Top